dewa bola

Jenis pakan ayam beserta gizi yang terkandung



sabung ayam Baik ayam aduan atam  kampung,ayam pedaging dan ayam petelur wajib dan harus diberikan pakan atau makanan yang sangat bergizi tinggidan harus anda terapkan jika anda ingin ayam peliharaan terlihat sehat dan kuat, Pakan yang mengandung banyak gizi terutama protein paling  dibutuhkan ayam untuk meningkatkan tingkat produksi saat bertelor dan  cepat  menaikan bobot agar ideal untuk ketika dikawinkan atau untuk aduan.

Sorgum adalah salah satu sumber makanan energi banyak digunakan di Indonesia sebagai bahan baku pembuatan pakan tapi karna potensi untuk menemukan sorgum ini kurang baik maka hanya terdapat di daerah tertentu saja karna sorgum bukan termasuk dalam pokok pangan. Dibeberapa daerah sorgum juga dikenal dengan nama Cantel di jawa timur berbeda lagi dengan di jawa bagian barat di sebut jagung cantrik dan di Sulawesi biasa orang sana menyebutnya dengan batar toleng.

Kandungan yang terdalam sorgum adalah protein yang melebihi jagung dan mengandung sedikit xantofil sebesar 1,5 ppm, anda boleh mencampur kandungan sorgum dengan bungkil kedelai maka akan menghasilkan kombinasi suplemen mentionin dan lisin dengan sangat baik. Sorgum juga memiliki  zat antinutrisi yang disebut dengan tanin yang kandungan nya bervariasi dimulai dari 0,09-5,374% .

Warna pada biji sorgum terbagi dua, yaitu warna putih dan agak berwarna. Biasa nya jika bijinya berwarna putih itu berarti gizi yang terkandung dengan sedikit tanin sementara jika biji nya berwarna merah itu berarti kandungan akan tanin nya lebih tingg, semakin berwarna maka akan semakin banyak kanudngan tanin yang didapat..

Berikut kami berikan jenis pakan pakan yang bergizi :

*Singkong sangat banyaj terdapat di berbagai pelosok Indonesia dan masih menjadi bahan pokok dan bahan baku yang menjadi sumber energi. Kandungan yang terdapat dalam singkong hampiir sama dengan kandungan gizi yang terkandung dalam  jagung yaitu sekitar 3440 kkal tetapi kandungan akan protein nya rendah hanya sekitar 2 sampai 3 % saja.

*Dedak padi diperoleh dari memproses padi yang digiling menjadi beras dan dedak ini sangat sering digunakan untuk pemberian makan pada ayam karna mempunyai gizi yang sangat tinggi dan dedak juga merupakan sumber energi  dan asam amino yang dibutuhkan unggas tetapi keseimbangan asam amino nya kurang baik. penggunaan dedak padi dalam pakan yang terbatas terutama ayam muda karna kandungan serat nya sangat tinggi 11% , serat kasar merupakan nutrisi yang sedikit dapat dimakan oleh ayam dan dedak padi juga terkandung asam pitat tinggi yang dapat menurunkan mineral fosfor dalam pakan. Dedak yang terkandung lemak jika disimpan lebih lama akan berbau tengik, kualitas dedak yang dicampur dengan bahan lain dapat menurunkan nutrisi yang terkandung.
*Pollard merupakan hasil dari penggilingan biji gandum yang menjadi terigu, dan mengandung serat kasar berkisar 7 sampai 9,5% serta protein sekitar 15%. Nilai energi metabolisme nya sekitar 1700 kkal/kg ini sangat berkaitan dengan kandungan lemak sebesar 4%, penggunaan polard dalam formulasi ransum sangat dibatasi daru serat kasar dan tingkat energi metabolismenya rendah. 
*Minyak atau lemak merupakan bahan baku yang sama sekali tidak mengandung karbohidrat protein maupun mineral tetapi dapat digunakan untuk ransum yang membutuhhkan energi tinggi. pengunaan lemak juga dapat meningkatkan efisiensi dari pakan,mengurangi pakan berdebu serta mempengaruhi warna dan tekstur pada ransum itu sendiri. Berbagai sumber minyak yang dapat digunakan untuk ransum adalah minyak kelapa,minyak sawit dan minyak ikan masing masing terkandung energi 7000,7200 dan 8600 kkal/kg untuk masing masing yang tadi disebutkan.
begitulah kami informasikan dari agen judi sabung ayam terpercaya dan terbaik !!
Jenis pakan ayam beserta gizi yang terkandung Jenis pakan ayam beserta gizi yang terkandung Reviewed by tiaraputri on 11:18 AM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.