dewa bola

Ciri penyakit pada ayam dan penanganannya



sabung ayam - Berbicara tentang ayam tentu tidak jauh dari perkelahian ayam sendiri atau disebut sabung ayam oleh banyak masyarakat, salah satu nya adalah berternak ayam dimulai dari ayam kampung hingga ayam aduan berbagai kejadian pasti terjadi jika berternak ayam bisa dari sakit,telor tidak menetas bahkan kegagalan, kali ini kami akan membahas ciri ciri ayam yang terkena penyakit beserta penangannya karna salah memberi obat bisa fatal pada ayam itu sendiri dan bisa berumur pendek bagi sang ayam. Berikut kami infokan ciri ciri beserta penanganannya :

1.Penyakit Tetelo ini disebabkan oleh virus dan merupakan penyakit yang tergolong ganas dan menyebabkan kematian pada ayam itu sendiri dengan ciri ciri ayam akan berjalan sempoyongan ,nafsu untuk makan akan berkurang, bulu terlihat jelek dan leher yang bergerak gerak
Penanganan:
Jika ayam sudah terjangkit segera pisahkan dengan ayam yang lain lalu bisa diberikan obat herbal seperti daun pepaya temulawak dan gula jawa yang dierbus secara bersamaan dan di berikan setiap hari hingga ayam terlihat sehat kembali dan jangan lupa diberikan vaksin pada umur 4 hari, 4 Minggu dan 4 bulan.
2.Penyakit Kolera atau pup hijau
Penyakit kolera ini dimulai dari bakteri dan merupaka penyakit kronis dan bisa menyebabkan kematian pada ayam, ciri paling mudah untuk mengidentifikasi penyakit ini adalah papa pup ayam yang encer dan berwarna hijau, sayap yang menggantung , pilek ,mulut berlendir hingga tak nafsu makan.
Penanganan:
Penyakit ini merupakan salah satu penyakit pada organ pencernaan sehingga harus menggunakan obat koleridin dan anda dapat membeli nya di toko hewan terdekat atau bisa juga dengan herbal seperti daun pepaya dan temuireng direbus dengan bersamaan. 
3.Cacar pada unggas
Cacar ini disebabkan oleh virus yang  terdiri dari 2 cacar yaitu basah dan kering, biasanya cacar ini terletak di bagian wajah dan jengger dan penyakit yang tidak begitu berbahaya dan mampu disembuhkan dengan mudah.
Penanganan:
Obatilah dengan mengoles minyak tanah kebagian yang sakit secara rutin dalam waktu seminggu kurang lebih.
4.Penyakit Snot
Penyakit ini bermula dari bakteri yang terus berkembang dan menjangkit di bagian saluran pernapasan pada unggass atau ayam dan biasa terletak di area sinus yaitu antara mata dan hidung dan berlendir berbau yang tidak sedap atau busuk, tidak nafsu makan dan bulu yang kusam. 
Penanganan:
Unggas yang terkena penyakit ini dapat disembuhkan dengan amplikol dan anda dapat menemukannya di tempat  toko obat unggas.
Sekian postingan kali ini dan semoga bermanfaat, ANDA INGIN BERMAIN SABUNG AYAM ? KLIK sabung ayam !!
Ciri penyakit pada ayam dan penanganannya Ciri penyakit pada ayam dan penanganannya Reviewed by tiaraputri on 2:28 PM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.