dewa bola

Mengenal bentuk dan jenis pakan ayam




sabung ayam - Dalam menentukan faktor sukses beternak salah satu nya adalah pakan atau makanan ayam tersebut, karna itu para peternak harus mengetahui dulu pakan pakan yang akan diberikan dan jenis nya sebelum memulai memasuki cara berternak. Tujuan  dari cara ini agar peternak dapat meracik atau menyusun pakan sesuai dengan bobot atau umur pada ayam, berguna untuk menekan biaya operasional agar tidak terlalu bergantung pada pakan yang ada di pasar.

Setiap pakan mempunyai bentuk tersendiri dan ada 3 ragam bentuk dalam pakan yang wajib kita ketahui.

1.Pakan tepung halus adalah Pakan yang dihasilkan dari penggilingan yang tanpa dipadatkan lagi, untuk pemberian ini wajib diberikan dengan campuran bahan pakan yang lain sehingga menjadi homogen dan diberikan pada usia kurang dari seminggu lebih dari seminggu biasa menggunakan rempah atau pelet. Keuntungan dari pemberian pakan ini adalah harga nya yang murah sekali tapi ada juga kerugian yang terkandung antara lain adalah pakan mudah dikorek oleh ayam, pencampuran yang tidak merata hingga pemisahan bahan ketika dikais oleh ayam menyebabkan nutrisi yang terkandung tidak seimbang ketika dikonsumsi oleh ayam.

2.Pakan pelet adalah pakan yang setelah melalui proses penggilingan kemudian dipadatkan,keuntungan dari pakan pelet adalah merupakan favorit pada ayam dan mampu meningkatkan selera makan pada ayam dan mengurangi pemborosan ketika memberikan pakan karna itu  efisiensi pakan pelet lebih tinggi dibandingkan pemberian pakan dengan tepung.

3.Pakan berbentuk remah remah adalah pakan yang berbentuk pelet kemudian dihancurkan atau di ketuk hingga menjadi butiran butiran kecil hingga ayam yang berusia diatas 2 minggu dapat memakan pakan tersebut.


Jenis pakan pada setiap pakan tentu mengandung kandungan yang berbeda begitu juga dengan usia pada ayam yang berbeda pemberian pakan nya. Di dalam dunia perternakan sering dibagi dua jenis pakan yaitu Pakan yang untuk tujuan bertelur  dan pakan yang digunakan untuk tujuan pertumbuhan berikut kami jelaskan tentang pakan tersebut

-Pakan untuk tujuan bertelur bisa menggunakan pakan yang disebut Layer pakan ini juga bisa diberikan kepada ayam ras/petelur selain memakai layer peternak juga dapat meracik pakan sendiri dengan kandungan protein yang diwajibkan sebesar 16-17%.

-Pakan untuk tujuan pertumbuhan juga dibagia menjadi 2 bagian sesuai umur pada ayam yaitu stater untuk ayam yang berusia 0-28 hari dan pakan untuk ayam yang berymyr diatas 28 hari sampai panen dengan bobot 800gr-1 Kilogran disebut finisher atau grower.


Klik sabung ayam jika anda ingin bermain sabung ayam !!
Mengenal bentuk dan jenis pakan ayam Mengenal bentuk dan jenis pakan ayam Reviewed by tiaraputri on 9:41 AM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.